Universitas Islam Makassar (UIM)

Kolaborasi Multidisiplin, Tantangan Pendidikan Tinggi Abad-21

Tantangan baru terus muncul, seiring makin pesatnya perkembangan teknologi. Tantangan itu adalah meningkatkan efisiensi dari segala aspek.

“Karena dengan meningkatkan efisiensi ini, manusia bisa lebih berkembang dari masa-masa sebelumnya,” kata Adrian Lembong, Direktur Teknologi PT Adaro Power pada kuliah perdana mahasiswa baru angkatan 2017, Rabu (30/8/2017) di Universitas Prasetiya Mulya, Kampus BSD.

Adrian menyampaikan hal itu dalam orasi ilmiah Peningkatan Efisiensi Melalui Kolaborasi Bisnis, Sains Terapan dan Teknologi dalam Perkembangan Dunia Era Modern. Acara yang merupakan bagian dari kuliah perdana bertajuk ‘Kolaborasi Pendidikan Tinggi dan Dunia Usaha Dalam Pemajuan Bisnis-bisnis STEM Inovatif di Indonesia’. itu dihadiri pembina Yayasan Prasetiya Mulya, perwakilan Kopertis Wilayah III, mitra-mitra kerjasama, serta kepala sekolah SMA sederajat se-Jabodetabek.

“Dengan perkembangan teknologi yang pesat, timbul tantangan baru manusia, yaitu meningkatkan efisiensi dari segala aspek. Karena dengan meningkatkan efisiensi ini, manusia bisa lebih berkembang dari masa-masa sebelumnya,” kata Adrian dalam keterangannya.

“Sekarang ini setiap orang dituntut terus berpacu dengan ragam informasi, yang tidak hanya terbatas pada satu bidang, tapi juga bidang-bidang lain. Indonesia punya potensi entrepreneurship yang besar, maka bidang bisnis, sains dan teknik harus bersinergi supaya hasil yang diciptakan bisa lebih optimal,” ujarnya.

sumber: http://edukasi.kompas.com/read/2017/08/31/20043161/kolaborasi-multidisiplin-tantangan-pendidikan-tinggi-abad-21